Pajak Yang Tidak Pada Tempatnya >:(

Seperti yang sudah didoktrin oleh sekolah sejak kita masih SD, fungsi utama pajak adalah untuk pemerataan pendapatan. Tapi ada satu pajak yang menurut saya arahannya keluar dari fungsi utamanya itu.

Ceritanya begini, entah kenapa tiba-tiba saya dapet duit dari langin – sebuah beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) untuk periode Januari – Desember 2007. Padahal mah saya dah dapet beasiswa dari TPSDP pas bulan Januari itu (Beasiswanya baru habis September kemaren) dan kerennya saya baru tahu kalau saya dah dapet beasiswa itu dari Januari kemaren-kemaren pas duitnya dah di setor. Anggap aja durian runtuhlah – rezeki buat nambahin beli MacBook😀. Gak daftar tapi tiba-tiba terdaftar, mungkin untuk memenuhi kuota.

Nah masalahnya satu, duit beasiswa itu tuh dipotong kira-kira 15% buat pajak. Weeekks. Udah tahu pada dasarnya beasiswa tuh digunakan untuk meringankan beban biaya kuliah. Ya, ini, masak dipotong buat pajak gitu. Itu mah bukan meratakan pendapatan atuh, malah nyusahin orang. Kira-kira dipotong 230ribuan…Itu kategori pajak apa, ya, kok bisa segede itu. Pajak pendidikan? Halah -____-;

3 Comments

Filed under ITB, Uneg-Uneg

3 responses to “Pajak Yang Tidak Pada Tempatnya >:(

  1. ambil enaknya aja..😛

  2. Pajak blom termasuk zakat lo Ndre.. katanya gitu huehe..🙂

  3. pajak == pungle
    pungutan legal😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s