Hal Kecil Yang Akan Menjadi Besar Di Kemudian Hari

Hari ini saya beli baso tahu di depan Gerbang Depan ITB.  Saya membeli siomay 5 buah dengan harga. 3000 rupiah.

Penjual : ” Siomay 5, Dek?”

Saya : “Iya. Di bungkus, Pak.”

Si penjual lalu memasukkan siomay (di sini saya melihat dia memasukkan satu tahu dan empat siomay, berbeda dengan pesanan saya) tersebut ke dalam plastik dan memberinya bumbu. Kemudian saya mengingatkan si penjual,

Saya : “Kok, ada tahunya satu, ya, Pak.”

Penjual : “Ah, biarin, lah.”

Bagaimana mungkin si penjual bisa salah mengambilkan pesanan sedangkan dia sudah mengkonfirmasikan sebelumnya?  Saya mengambil kesimpulan seperti ini : Siomay tuh pesanan populer, mangkanya kalo ada yang mesen semuanya siomay ntar cepet abis. Saya lihat memang dia membuat siomaynya tidak terlalu banyak / tinggal sedikit lagi dan tahunya yang masih tersisa banyak.

Mungkin itu hal yang sepele padahal kalo dilihat dari kacamata agama, itu termasuk dosa, lho. Dalam sebuah jual beli kan ada perjanjian. Kalau dalam hal kejadian saya, perjanjiannya seperti ini : Saya membayar uang Rp 3000 untuk membeli siomay lima. Nah kalo ternyata ada salah satu antara penjual dan pembeli yang melanggar perjanjian tersebut berarti ada pihak yang rugi dan ada pihak yang untung kan — penipuan. Padahal salah satu prinsip dari jual-beli itu harus sama-sama untung. Tentu saja karena itu barang yang diperoleh penipu itu tidak halal lagi.

Jadi intinya, kalo dalam jual beli baik barang atau jasa, sejujur mungkin lah.🙂

2 Comments

Filed under Islam, Khutbah Jumat, Ta'lim

2 responses to “Hal Kecil Yang Akan Menjadi Besar Di Kemudian Hari

  1. meureun si emangnya belum tau kalau yg namanya jual beli juga, di islam mah ada etikanya..

  2. Opung

    Mungkin bagi si penjual siome kurang mendalami agama, sehingga menganggap perbuatan tersebut sah-sah saja. Sebaiknya kita ikhlaskan, mudah-2 tuhan akan membukakan hatinya untuk lebih mendalami tentang haram dan halal, pun demikian dengan keikhlasan kita , pahala dilimpahkan pula kepada kita.Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s