Review Software Messenger HP

Sampe sekarang udah 3 software messenger (selanjutnya kita sebut IM) untuk HP yang pernah saya coba. Semuanya cukup terkenal, soalnya sering dipake ama / direkomendasiin ama temen saya.😀 Tapi entah kenapa walaupun software-software itu jumlah downloadnya di getjar.com tinggi banget, gak ada satu pun yang bagus. Masing-masing punya kekurangan fatal. Kenapa pidginnya Google atau Adium di Mac OS gak masuk ke pasar HP juga ya😦 Marilah kita review.

1. SHMessenger

SHMessenger ini salah satu IM yang terkenal di Indonesia. Kalo gak percaya, coba googling dengan menggunakan keyword “SHMessenger”. Pasti kebanyakan yang ngereviewnya dari blog-blog bertuliskan bahasa Indonesia. Kelebihan SHMessenger itu di bagian messagingnya. Cukup ketik pesan dan tekan tombol Enter dan, voila, pesen terkirim.

Lebih cepat dibandingkan dengan 2 IM lain yang saya bahas, yang rata-rata memerlukan dua tombol tuk chatting.😀. SHMessenger itu cocok ntuk yang ngetiknya brutal (kenceng).

SHMessenger juga memungkinkan kita untuk mengirim file ke orang lain (hanya versi terbaru), membaca status, dan melihat avatar orang. Kekurangannya itu kalo lagi chatting ama banyak orang. Gak ada shortcut untuk pindah orang. Bayangkan dengan layar kecil ada 6 tab yang masing-masing panjangnya sesuai dengan banyak huruf id YMnya😆 SHMessenger juga sering logout tiba-tiba (gak tahu kalo versi yang sekarang)😛 Yang terakhir fatal banget😀

Update : SHMessenger versi 2 sudah stabil. Gak sering logout lagi. Dan sekarang emoticonnya sama kaya yang ada di YM. Akhirnya saya balik lagi ke SHMessnger. Goodbye Morange. Interface bukan segalanya <_<.

2. Morange

Kelebihan dari Morange itu adalah di bagian interfacenya. Mirip iPhone gitu, deh. Jadi kalo mau mengscroll log chatting yang sudah terlalu banyak itu gampang banget. Tinggal geser-geser jari aja ^ ^. Begitu pula dengan cara software ini untuk berpindah chatting antar account. Tinggal tekan tombol 4 dan 6 saja.😀 Selain itu Morange juga bisa digunakan untuk pop dan push email serta RSS reader dan paling penting : stabil.

Tetapi walaupun memiliki kelebihan yang menarik, Morange ini juga punya kekurangan yang fatal >_<. Tidak semua list account YM kamu ditampilkan. Sebenarnya bisa diakali sih dengan memiliki sub menu “Show Offline Contacts” tetapi tetap aja ada account YM yang gak ditampilin >_<. Selain itu tidak seperti SHMessenger, Morange tidak bisa menampilkan status lawan bicara. Status kita pun terpaksa menjadi “I’m using Morange” dan setiap YM kita pasti dimulai dengan pesan sponsor >_<.

Satu lagi kekurangan Morange adalah memakan resource gede. Jangan harap kamu bisa menggunakan versi MIDP 2.0nya di HP jadul.😀

Lalu entah kenapa akhir2 ini, proses login ke Morange sering gagal

3. Mig33

Gak bisa touchscreen… Males <_<

5 Comments

Filed under Handphone, IT Stuff, Uncategorized

5 responses to “Review Software Messenger HP

  1. Ya ampun kk remond.. udah shmessenger ajah (buktinya banyak blog indonesia yang merekomendasikannya), lagipula dalam chatting itu yang dibutuhkan kecepatan (^_^).

  2. moh….sering ngecrash😛

  3. ashshiddiqi

    ud liat yehBa sama YMtiny?
    ad juga Ebuddy . . tapi menurut gw berat.. resources nya lebih banyak mungkin . .
    bisa dibandingin juga itu . .
    tapi menurut gw emang masih kalah sama SHmessenger . .
    emang masih ad bug nya di rilisan terakhir sihh..*fatal* ini

  4. Hanya Aku

    ebuddy juga mantap kq, bisa confrence😀

  5. salam kenal…
    minta ijin copas artikel diatas….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s