Persatuan Aktuaris Indonesia vs Matematika ITB

BANDUNG, itb.ac.id – Selasa, 15 April 2008 bertempat di Ruang Rapat Pimpinan A Gedung CCAR ITB, telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum Kesepakatan antara ITB dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). (sumber)

Akhirnya resmi deal juga setelah jadi wacana selama dua tahun oleh dosen Statistika saya, bu Ria. Dengan begini bagi para sarjana Matematika yang ingin menjadi aktuaris tidak perlu mengambil beberapa ujian yang ada diteskan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Jadi intinya ada beberapa mata kuliah di Matematika yaitu : Analisa Data, Teori Peluang, dan Statistika Matematika yang dijadikan pengganti ujian tersebut🙂 Nilai-nilai di mata kuliah tersebut akan mewakili nilai-nilai ujian tersebut😀

12 Comments

Filed under ITB, Uncategorized

12 responses to “Persatuan Aktuaris Indonesia vs Matematika ITB

  1. Ahmad Ridwan

    Enak banget…
    Andre mau jadi aktuaris?

  2. sayangnya enggak😀

  3. LulY Budian

    Ada 3 kelompok Aktuaris di Indonesia dari masa ke masa
    1. aktuaris kun fa ya kun.., yaitu yang tiba2 “jreng” jadi aktuaris…bergelar FSAI
    2. aktuaris cap cip cup, yaitu yang lulus ujian dgn soal yang sama dari tahun ke tahun…
    3. aktuaris peraturan, yaitu aktuaris yang sibuk bikin peraturan (bc: barrier) untuk menjadi
    aktuaris. Kesibukannya adalah bikin peraturan yang Ambivalen…

  4. HABSY HOTIB

    Sebaiknya mendapat gelar FSAI harus mengikuti aplikasi ilmu statistika dan matematika di lapangan,apakah ilmu yang diperolehnya itu bisa teruji keandalannya atau tidak. Jika teruji baru mengikuti ujian aplikasi. Sama halnya dengan sarjana akuntansi yang baru lulus,jika kerja di Perusahaan harus bisa menyususn laporan keuangan paling tidak satu bulan kerja,jika tidak bisa maka dikeluarkan dari perusahaan.

    Mudah-mudahan ini menjadi perhatian kalangan teoritisi dan praktisi asuransi di tanah Air.

  5. Dedy

    klo lulusan s2 aktuaria ITB gmana??
    ada nilai yg bs membantu ga??
    itu berlaku ke depan atau gmana??

  6. wew. kalo S2 kurang tahu yah = =a
    maaf gak bisa membantu

  7. aldo

    dari seluruh modul yang diujikan, tidak ada yang menguji tentang kemampuan calon aktuaris membuat hitungan (konsep) aktuaria dengan algoritma pemprograman. lucu aja, kalo aktuaris bergelar FSAI, cuman bisa bikin hitungan premi pake exel. nggak canggih blassss. aktuaris ngawur, bikin hitungan dengan exel.

  8. AKU BELUM PERNAH COBA UJIAN PAI….PAMJAKI DULU UNTUK PEMULA….

  9. dini

    kata siapa gda pemograman..sy udah nyoba ngambil kuliahnya…bnyk bgt program yg dipke..lagian excel gk secupu yg dipikirkan..bnyk add ins yg bs menunjang..
    untuk s2 aktuaria ada dua modul yg bs dimbil…kuliahnya..matematika asuransi jiwa 1 dan 2 (mewakili 1 modul), teori risiko, teori kredibilitas dan simulasi dan asuransi umum, ketiganya (mewakili 1 modul)..

  10. dini

    yg sy tau..untuk mendapat gelar FSAI itu memang tidak boleh mahasiswa..minimal sudah pernah bekerja…kalau ujian yg beberapa modulnya bs disetarakan dibangku kuliah, hanya ujian untuk level ASAI..itupun tidak semuanya…

  11. ella rahmadani

    klo jadi aktuaris gaji nya brapa y?
    terimakasih

  12. Vivid

    Assalamu’alaikum,
    Perkenalkan nama saya Vivid. Mohon maaf sebelumnya kalau tidak berkenan. Perusahaan tempat saya kerja PT. Chartis Insurance Indonesia, sedang mencari Portfolio Analyst. Latar belakang pendidikan Matematika atau aktuaria, lebih disukai dengan 3 tahun pegalaman kerja di bidang asuransi. Kalau berminat, mohon kirimkan CV anda ke vivid.savitri@chartisinsurance.com. Terima kasih, Wassalamu’alaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s