Manusia Paling Bangkrut

Masjid Salman ITB | 2 Maret 2008

Ada dua tipe dosa :
1. Dosa kepada diri sendiri
2. Dosa kepada orang lain
.
Untuk menghapuskan dosa kepada diri sendiri, kita cukup melakukan taubat nasuha. Ada 5 syarat yang harus dipenuhi untuk melakukannya. Penulis menyerahkan 5 hal itu kepada pembaca untuk mencarinya sendiri karena itu bukan topik bahasan kali ini.
.
Dalam sebuah haditsnya, Rasul berkata bahwa manusia yang paling bangkrut adalah manusia yang mempunyai dosa kepada orang lain tapi tidak menyelesaikan di dunia. Bentuk dosanya bisa bermacam-macam, seperti berkata kasar, mengacuhkannya, bahkan tidak mengucapkan terima kasih ketika seseorang berbuat baik kepada kita jika orang itu tidak menyukainya. Dosa seperti inilah yang banyak dilakukan oleh manusia zaman sekarang, ketika tata krama sudah tidak diperhatikan lagi.
.
Dosa seperti ini tidak bisa dihapuskan dengan cara bertaubat. Kita harus menyelesaikannya dengan manusia yang kita sakiti itu. Apa yang terjadi jika kita tidak melakukannya?
.
Di hari pembalasan nanti, tidak ada akan satu pun amal kebaikan dan keburukan yang luputwalaupun sebesar zarahpun. Setiap dosa kita kepada manusia lain akan dipertanyakan. Lalu untuk menebus semua dosa kita kepada manusia lain itu, amal kebaikan kita akan diserahkan kepada orang yang kita sakiti. Jika amal kebaikan kita sudah habis dan masih ada orang yang kita zhalimi dan menuntut keadlian, maka dosa orang tersebut akan diberikan kepada kita. Itulah sesungguhnya orang yang bangkrut di hari pembalasan kelak. Orang yang beriman pasti akan menyelesaikan urusan mereka dengan orang lain di dunia ini.
.
Jadi sebangkrut apa pejabat yang korupsi nanti di hari pembalasan?

9 Comments

Filed under Islam, Khutbah Jumat

9 responses to “Manusia Paling Bangkrut

  1. ck ck ck… masi konsisten nih menyimak + menulis ceramah jumat Salman.. luar biasa🙂

    berarti mesti banyak2 salaman sama orang lain yah, biar dosanya ga ditagih di akherat..

  2. yow, supaya ada manfaat dikit blog saya ini😀.

  3. Fero

    Cool mon, klo solusinya ngga usah kenal banyak orang dan mengurung diri di rumah gmana?

  4. ada dua tipe orang yang gak pernah gagal :
    1. Dia itu jago sekali
    2. Dia itu gak pernah mencoba.
    .
    Yang kedua itu ciri orang males.
    Males == bodoh.
    Bodoh == lemah.
    Lemah == gampang diperdaya dan dipermainkan😀

  5. arman

    asslam…..
    blh jg khutbah antum…
    tapi….antum kalau memnerikan fatwa seharusnya dilengkapi ….,
    jgn malah menyuru …org laen mencari sendiri, …
    itu sama halnya antum ….
    membuat bingung …. org islam

  6. wlykmslm wr wb, akh.
    he, he, he, maaf ngebuat bingung.
    sakingnya bingungnya sampe gak nyadar
    kalo khutbah itu khutbah orang lain di Salman ^ ^.
    .
    Khotibnya sendiri gak ngasih tahu kok😛.
    .
    Ini saya carikan
    .
    http://www.wahdah.or.id/wahdah/index.php?option=com_content&task=view&id=400&Itemid=60

  7. Pertanyaannya kang Fero tadi belum kejawab deh kayaknya😀

  8. dipaksain aja dah kejawab😛

  9. Orang iman gak bakalan nipu ama khianat kan…. Ada riwayat dari Al Bazar begini, Rasulullah sas bersabda: Seorang mu’min bisa diberi watak apa saja kecuali khiyanat dan dusta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s