Nepenthes Telah Datang

Setelah memesan ke Suska Nursery melalui online, akhirnya nephentes yang ditunggu datang juga. Saya memesan satu buah Nepenthes Gracilis dan Nepenthes Mirabilis versi 5000an. Kalau beli yang 50000an, takutnya kalo mati entar nyesel dan trauma.😀 Spesies yang dipilih pun sengaja Gracilis dan Mirabilis karena kedua spesies itu lumayan tahan banting terhadap kondisi lingkungannya. Maklum ini Nephentes pertama yang mau ditanam. Keduanya serupa, susah dibedakan kecuali di bagian daunnya.

Nephentes Gracilis dan Mirabilis

Nephentes Gracilis dan Mirabilis

Menurut buku Info Kit Trubus (yang saya beli setelah jalan 3km -_-), biasanya Nepenthes itu perlu adaptasi ke lingkungan baru setelah dibungkus dalam kardus selama satu hari. Usahain kelembaban lingkungan di sekitar lingkungan Nepenthes cukup tinggi. Caranya jangan terlalu banyak terkena sinar matahari dolo, rendam pot bagian bawah di air, dan sering di siram. Jangan siram sama air yang mineralnya tinggi seperti air sumur yang kecoklatan. Minimal air minum atau keran. Kalau ada air hujan atau aquadest lebih baik lagi. Oplos sama asam sulfat kalo perlu supaya pH airnya 4,5-5-5, sesuai dengan kondisi asli Nepenthes hidup. Tandanya Nepenthes udah sehat lagi ketika dia sudah mulai menumbuhkan daun baru yang berkantung. Nah, kalau Nepenthes dah sehat, silahkan jemur aja berhubung Nepenthes Gracilis dan Nepenthens Mirabilis ini senang di daerah yang banyak sinar mataharinya.

Ha, ha, kalo ini udah sukses beli Nepenthes Ampullaria ama Venus Fly Trap  ah😛

8 Comments

Filed under Ecology, Nephentes

8 responses to “Nepenthes Telah Datang

  1. sangbintang

    ya ampun raymundo… bener bener gag nyangka banget yah suka bercocok tanam ^_^’ secara biasanyah ” memperbudak ” mekbuk. biasanyah yang suka bercocok tanam kan lembut orangnyah. wekekekekeke.
    bunganyah aneh pulak. kantung semar -___-‘
    emang “aneh” kek orangnyah he he:D

    • dinno

      wah gak juga kalo yang suka bercocok tanam lembut orangnya. malah biasanya galak-2 hehehe. hobiis nepe kebanyakan juga cowok !

  2. biarin >:P
    yang penting gak haram nanam kantong semarnya :))

  3. sangbintang

    yamie yamie,,,
    katanyah udah menewaskan lalat ama semut yah kantung semarnya?
    kecil kecil mamamnyah banyak😀 kek yang punyanyah. wekekekeke

  4. sampai sekarang dah 4 semut hitam, 1 semut merah, 1 nyamuk, dan 1 lalat buah :))

  5. dinno

    halo, pakde neh …. piara bical dong, kan nepe paling gagah soalnya bertaring hehehe

  6. eh ada pakde.😀
    haduh kalo bical sama globosa entar dulu pakde. sulurnya panjang sih. belum punya tempat gantungannya😛

  7. sangbintang

    wew kaka wew-____-‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s