Perhitungan Harga Opsi Vanilla dengan Menggunakan Metode Binomial dan Trinomial

Ini sebenarnya cuman tugas kuliah Komputasi Keuangan. Tujuannya itu untuk bisa mensimulasikan harga saham dari waktu ke waktu dan menghitung harga opsi standar Amerika dan Eropa berdasarkan harga saham itu. Metode yang digunakan itu metode lattice binomia dari Cox, Ross, dan Rubenstein (1979) dan metode trinomial standar yang diusulkan Hull (2002). Untuk memudahkan pengguna, digunakan bahasa scripting VBA dari Excel😀. Buat yang mau Excelnya, kontak saja saya. PDF terlampir di bawah.

Pendahuluan

Rumus perhitungan opsi menggunakan Black-Scholes sangat popular digunakan. Akan tetapi, rumus tersebut memilliki batasan yaitu hanya bisa digunakan untuk menghitung opsi tipe Eropa dan call Amerika yang memiliki sifat seperti opsi call Eropa. Sedangkan, di bursa saham terdapat opsi-opsi lain yang tidak memiliki rumus eksak untuk menghitungnya.

Misalnya, opsi put Amerika yang memiliki fasilitas early exercise dan opsi Asian yang nilainya tergantung dari rata-rata harga saham sampai maturity time. Untuk itu, diperlukan metode numerik untuk menghitung harga opsi tersebut. Metode yang paling popular adalah metode lattice binomial dan trinomial. Kedua metode numerik tersebut memodelkan pergerakan harga saham hingga maturity time secara sederhana untuk menghitung harga opsi pada saat sekarang. Lebih lanjutnya, hasil perhitungan nilai opsi Eropa menggunakan metode binomial akan konvergen menuju nilai opsi Black-Scholes bila banyak langkah yang diambil cukup besar.

Screenshot Interface VBA

Screenshot Interface VBA

PDF -> Menentukan Harga Opsi Vanilla dengan Menggunakan Metode Binomial dan Trinomial

14 Comments

Filed under ITB, Paper

14 responses to “Perhitungan Harga Opsi Vanilla dengan Menggunakan Metode Binomial dan Trinomial

  1. wawa

    anak math 05 ya? gw angktan 06… n rencana mw tugas akhir ambil KK keuangan.. kebetulan saya masih awam dengan dunia keuangan…

    berhubung kk angktan 05, gw pengen minta ajarin neh.. thx yak…boleh minta alamat emailnya?

    • @wawa:
      kalo minta diajarin ikutan kuliahnya aja. Yang ngajar itu pak Kuntjoro sama pak Syamsuddin.
      Kamu juga wajib ngambil kuliah Persamaan Diferensial Parsial.
      Selain itu, lihat nilai Aljabar Linier, Pengantar Analisis Real, Metode Numerik, Komputasi Matematika, sama Teori Peluang kamu. Nilai-nilai itu mencerminkan “masa depan” kamu di bidang Keuangan.

  2. thee

    mau nanya, itu simulasi coding-nya pake apa??? dulu gw pernah buat pake matlab.. appreciate if u could contact me on email. thank u.

  3. wawa

    kk. lagi magang di BI ya?

  4. rusli

    halo dre, gw lagi bikin penelitian ttg option pricing nih, n tertarik sama artikel lo, tapi bingung bikin perhitungan di excelnya, akan sangat membantu klo boleh tolong kirimin format yg ms excelnya, apabila ga keberatan tolong kirimin ke email gw yaa..

    thanks bgt sblmnya.

  5. Wulan

    Dear..
    Maaf aku butuh bantuan mengenai analisa binomial dunk…tolong dibantu ya

    Thanks

  6. ridha

    Assalamu’alaikum.. hallo mas andre, tertarik dg tulisannya. boleh minta emailnya mas, mau donk excelnya..

  7. bisa jelasin tentang opsi bermuda ga?? atau empirical test?? msih bingung nih

  8. Ana Amatullah

    mau dunk excelnya,,, kalo g keberatan ke has.ahdie@gmail.com yah,,
    makasi banget atas bantuannya ^^

  9. Citra

    Selamat Pagi, saya tertarik banget nih sama penjelasan trinomialnya, saya sedang ada tugas mengenai trinomial… boleh minta excelnya? email saya citraamanda91@gmail.com

    Terima kasih banyak🙂

  10. arief firmansyah

    pagi kak….membantu bgt artikelnya,,,,saya sedang bikin tugas ttg option price pke metode binomial…boleh minta exelnya??kalo bisa krim ke ariefwaela@yahoo.co.id trimakasih sebelumnya

  11. arief firmansyah

    bleh minta tips nya??soalnya saya masih awam soal opsi ni….langkah buat menentukan harga opsi eropa menggunakan metode binomial ni pa ja kak??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s