Category Archives: Nephentes

Nepenthes Telah Datang

Setelah memesan ke Suska Nursery melalui online, akhirnya nephentes yang ditunggu datang juga. Saya memesan satu buah Nepenthes Gracilis dan Nepenthes Mirabilis versi 5000an. Kalau beli yang 50000an, takutnya kalo mati entar nyesel dan trauma. ๐Ÿ˜€ Spesies yang dipilih pun sengaja Gracilis dan Mirabilis karena kedua spesies itu lumayan tahan banting terhadap kondisi lingkungannya. Maklum ini Nephentes pertama yang mau ditanam. Keduanya serupa, susah dibedakan kecuali di bagian daunnya.

Nephentes Gracilis dan Mirabilis

Nephentes Gracilis dan Mirabilis

Menurut buku Info Kit Trubus (yang saya beli setelah jalan 3km -_-), biasanya Nepenthes itu perlu adaptasi ke lingkungan baru setelah dibungkus dalam kardus selama satu hari. Usahain kelembaban lingkungan di sekitar lingkungan Nepenthes cukup tinggi. Caranya jangan terlalu banyak terkena sinar matahari dolo, rendam pot bagian bawah di air, dan sering di siram. Jangan siram sama air yang mineralnya tinggi seperti air sumur yang kecoklatan. Minimal air minum atau keran. Kalau ada air hujan atau aquadest lebih baik lagi. Oplos sama asam sulfat kalo perlu supaya pH airnya 4,5-5-5, sesuai dengan kondisi asli Nepenthes hidup. Tandanya Nepenthes udah sehat lagi ketika dia sudah mulai menumbuhkan daun baru yang berkantung. Nah, kalau Nepenthes dah sehat, silahkan jemur aja berhubung Nepenthes Gracilis dan Nepenthens Mirabilis ini senang di daerah yang banyak sinar mataharinya.

Ha, ha, kalo ini udah sukses beli Nepenthes Ampullaria ama Venus Fly Trapย  ah ๐Ÿ˜›

Advertisements

8 Comments

Filed under Ecology, Nephentes