Haryo Prabowo : Mengumpulkan Pundi-Pundi Uang dari Bisnis Online

Sebenernya dah lama mau ngepost ini dari sebulan yang lalu (tapi AI3nya ITB lemot molo kalo mau masuk WordPress dan baru benar sekarang). Baiklah, enjoy. FYI, ybs dulu temen seperjuangan pas OSN ampe akhirnya dapet medali perunggu.Yang mau versi PDFnya bisa donlod di sini)

Beberapa waktu yang lalu redaksi BITS sempat mewawancarai seorang yang berhasil berbisnis secara online, Haryo Prabowo. Pria kelahiran Rembang, Mei 1987 ini sudah memulai bisnis onlinenya sejak beliau masih menduduki bangku SMA. Perjuangannya selama ini telah membuahkan hasil hingga mampu mendapatkan pundi-pundi rupiah yang cukup besar dari bisnisnya tersebut. Berikut kutipan wawancaranya.

Kenapa kamu memilih untuk berbisnis di dunia maya daripada bisnis di dunia nyata?

Sebab bisnis online lebih mudah dilakukan, relatif lebih nyaman karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, secara umum bisnis di dunia maya sangat irit modal dengan hasil yang sangat luar biasa  besar. Tipikal bisnis digital yang low investment, low risk, tapi high return.

Bisnis apa saja yang pernah dan sedang kamu geluti sekarang?

Modal yang harus dimiliki yaitu koneksi internet, kemauan belajar terus menerus, dan kesabaran, dalam menjalani semua proses.  Banyak para pebisnis online yang saya temui maunya instant semua, padahal semua butuh waktu. Butuh beberapa bulan untuk bisa cukup mahir di satu jenis bisnis. Butuh beberapa bulan untuk bisa mulai menghasilkan income yang lumayan. Kalau punya modal kemampuan programming dan web design, akan sangat membantu (terutama bagi yang masih single fighter). Terlebih jika didukung dengan kartu kredit untuk kemudahan bertransaksi berbagai jasa dan layanan dari luar negeri.

Setiap bisnis pasti memiliki kendalanya masing-masing dalam menjalankan dan mengembangkannya. Kendala apakah yang kamu hadapi dalam mengelola bisnis tersebut?

Untuk masalah teknis saya tidak mengalami kendala yang cukup berarti, karna memiliki background IT. Kendala teknis paling besar yang dihadapi adalah kepemilikan kartu kredit untuk bertransaksi karena saya belum memilikinya. Kendala non teknis yang paling banyak saya hadapi adalah masalah trust. Seperti kita tahu di dunia maya sangat rawan dengan penipuan.

Maukah kamu membagi pengalaman saat merintis bisnis ini dari nol sampai hingga sekarang?

Saya mulai tertarik bisnis online sejak SMA,saat itu saya mendapatkan uang hadiah dari perlombaan programming dan bingung menggunakannya. Kemudian saya iseng-iseng untuk browsing ke beberapa situs luar negeri untuk menginvestasikan uang saya di sana, tapi ternyata malah kehilangan US$ 150. Akhirnya saya kapok dan vakum berbisnis online selama 2 tahun.

Pertengahan tahun 2007,  Saya tertarik untuk mengikuti program ads publishing Google Adsense dan melakukan riset sampai menemukan beberapa situs bisnis serupa. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba menseriusi beberapa bisnis online yang saya anggap prospektif. Bisnis online pertama yang  saya tekuni adalahweb bursa jual beli mobil, lalu berikutnya online consulting dan bukan dari Adsense yang menjadi lirikan pertama. Saat itu saya mencoba membeli beberapa domain dan menyewa web hosting. Kali ini saya benar-benar ingin fokus. Total modal operasional 6 bulan pertama yang saya keluarkan mencapai US$ 2,000. Saya biasa menghabiskan 1-8 jam sehari untuk membangun berbagai bisnis tersebut.

Perjuangan awal terasa berat karena banyak orang menganggap bisnis online adalah penipuan, tapi saya tidak peduli dan terus berusaha membangun bisnis saya. Alhamdulillah, sekarang setiap bulannya saya bisa mendapat hasil sebesar modal 6 bulan pertama yang saya keluarkan. Tidak rugi sepertinya untuk sebuah pengorbanan yang rasanya tidak terlalu berat. Bahkan dari bisnis menjadi publisher Google Adsense, saya sudah bisa menghasilkan sekitar US$ 5 per hari, hanya dari sebuah blog berumur kurang dari dua minggu yang berbahasa Inggris dengan target market kesehatan. Mudah-mudahan dalam 3 bulan ke depan bisa mencapai minimal US$ 10 per hari.

Hal apa yang paling membuat kamu bahagia dan sedih ketika menjalankan bisnis ini?

Sebagai seorang pebisnis, hal  yang paling membuat bahagia adalah mendapat uang . Tapi selain sebagai pelaku bisnis, saya juga berprofesi sebagai seorang konsultan bisnisonline. Pada posisi,hal yang membuat saya bahagia adalah jika client-client saya mengirim email dan bercerita bagaimana mereka mendapat dollar-dollar pertama mereka atau rupiah-rupiah pertama mereka dari bimbingan saya. Kalau sedihnya, ketika dipandang negatif oleh orang lain. Sebab kebanyakan orang menganggap bisnis online semuanya scam (menyesatkan).

Ada saran dan tips n trik yang ingin kamu sampaikan kepada para pembaca BITS?

Fokuskan dulu padabisnis yang membuatmu rasa cocok. Lalu pelajari bagaimana kamu bisa mendapatkan uang dari sana dengancara yang lebih mudah, sedikit bekerja , banyak hasilnya. Jangan ragu untuk menjelajah internet dan menemukan tipsnya. Sebagai contoh, dari hasil menerapkan salah satu buku tentang affiliate marketing yang saya beli seharga US$ 69 via Clickbank (www.clickbank.com), saya bisa menghasilkan tambahan dari bisnis affiliasi sekitar US$ 600+ setiap bulannya. Not bad kan?Well.. semua butuh modal baik waktu, dana dan tenaga. Jadi jangan ragu untuk berinvestasi jika memang ingin sukses. Jangan takut gagal, selalulah berpikiran positif bahwa selalu ada peluang untuk sukses di dunia bisnis online. [ANR&ANP]

6 Comments

Filed under IT Stuff, ITB, Uneg-Uneg

6 responses to “Haryo Prabowo : Mengumpulkan Pundi-Pundi Uang dari Bisnis Online

  1. sukses juga si bang hapo heheuheu.. gud luck dah😀

  2. selamt ya..bisnis online emang oke…..

  3. mantap euy si hapo.. kapan nyusul ndre? 8)

  4. GUSMAN MESRA

    Mas Haryo, saya sudah lama sekali belum ngapa2in masih bisa di bantu utk aktif nggak atau yg sudah sy tranfer hangus? Mohon dibantu Mas, saya mau aktif nih

  5. Haryokurap

    Haryo Taiiiik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s